Header Ads Widget

Ticker

6/recent/ticker-posts

Bebas Bersyarat??

Hallo Sobat muda,
Apa kabar nya? semoga sobat selalu dalam naungan-Nya di mana pun berada.
Pada hari ini saya ingin menulis sesuatu yang berharga dalam diri saya pribadi dan mungkin tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.
Tetap scroll ke bawah oke :)

Foto penulis lagi main keyboard
Pemuda
Secara harafiah pemuda adalah manusia yang berumur sekitar 15 tahun sampai 30 tahun. Saya sendiri mendefinisikan pemuda merupakan suatu kelompok manusia yang bisa dikatakan akil balik yang tentunya bisa membedakan mana yang baik atau tidak.
Opini
Pada dasarnya pemuda merupakan simbol dari suatu kebebasan tersebut. Ingat penggalan lirik lagu ini?
"begini nasib jadi bujangan
kemana-mana
asalkan suka
tiada orang yang melarang"
Pasti sobat muda membacanya sambil bernyanyi dalam hati, bukan? Ya begitu lah potret pemuda menurut band asal Indonesia tersebut. Pasti senang jadi pemuda bukan? Dengan menjadi seorang pemuda kita bebas melakukan apapun, bebas dalam mengekspresikan pendapat mereka. Bahkan seorang yang sudah tua pun ingin menjadi muda kembali.
Konflik
Saking bebasnya banyak juga pemuda yang terjerumus dalam suatu masalah. Mereka terlalu banyak memanfaatkan kebebasan mereka untuk hal-hal yang tidak berguna, misalnya mirasantika, seks bebas, dan masih banyak perbuatan yang negatif yang mereka lakukan yang tidak bisa saya tulis satu persatu. Kebebasan bukan merupakan penyebab dari perilaku menyimpang ini. Tapi suatu didikan yang kurang benar dari diri mereka, bisa dari keluarga, kurangnya pendidikan, bahkan lingkungan sekitar. Banyak anak-anak muda yang menghabiskan masa-masa muda mereka dengan dengan melakukan hal-hal yang meresahkan masyarakat. Sungguh disayangkan bukan?

Menjadi pemuda itu sulit kalau saya pikir-pikir. Karena apa? karena dari masa-masa muda inilah yang menjadi masa penentu masa depan di hari tua nanti. Mengutip filosofi orang tua zaman dulu "apa kau petik, itulah yang kau tuai" Apa yang kita lakukan pada hari ini akan berdampak langsung pada masa depan kita. 
Bebas Bersyarat
Loh apa itu bebas bersyarat? kayak tahanan aja hehe. Begitu lah saya mendeskripsikan nya. Kita bahas satu-satu ya. Bebas itu merupakan kebebasan dalam berekspresi, menyuarakan pendapat, melakukan apa yang mereka senangi. Bersyarat? Bersyarat dalam artian kebebasan yang tidak mengarah hal-hal yang negatif
Pemuda boleh saja bebas melakukan apa saja, berekspresi dan sebagainya. Tapi kita jangan lupa Takut Akan Tuhan. Karena dengan Takut akan Tuhan kita otomatis pasti melakukan apa yang diperintahkan-Nya dan Larangan-Nya. Takut akan Tuhan itu mengartikan bahwa kita sadar bahwa ada Yang Maha Khalik yang dapat melihat apa yang kita sedang perbuat. Kembali pada dasarnya, pemuda ialah suatu manusia yang sudah akil balik yang artinya sudah mengenal apa yang baik maupun buruk. Syarat yang kedua yaitu menghormati orangtua. Bagaimanapun mereka ialah yang telah membesarkan kita, dari kita masih dalam kandungan sampai kita sekarang ini.
Singkatnya, menjadi pemuda itu enak-enak gak enak tapi harus enak (Gimana nih bahasanya yangbener :D) karena apa setiap manusia pasti melewati masa-masa ini. Untuk itu dari kecil manusia wajib diperkenalkan dengan Tuhannya, belajar menghargai, belajar bagaimana bersosialisasi, agar ada persiapan menghadapi fase-fase ini.
Terakhir
Mngutip dari sebuah buku
Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu.
Dari pernyataan di atas sudah cukup jelas bukan?
Banyak sekali contoh tokoh-tokoh yang sukses pada saat dia masa muda. Tidak usah dibahas karena di google udah banyak artikel-artikel mengenai orang-orang muda yang sukses.
Mereka membuktikan menjadi pemuda bukan halangan untuk menitik karir kedepan. Malah mereka memanfaatkannya. Mereka bebas berekspresi dan berkarya. Bahkan karya mereka dikenal dan bermanfaat bagi orang banyak.
Jadi, jangan takut, bebaslah untuk terbang kemanapun engkau mau, tapi ingatlah ada Mata yang selalu tertuju padaMu

Sekian dari saya
Mudah-mudah tulisan ini dapat bermanfaat bagi pembaca.
Untuk kritik dan saran bisa berkomentar di bawah ini, dan kalau mungkin suka, bisa klik tombol berlangganan dan bagikan ke akun media sosial kalian di tombol di bawah ini.
see you
God Bless You

Posting Komentar

0 Komentar